5 Mitos Diet Tentang Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Buah, Bener Nggak Sih ?

5 Mitos Diet Tentang Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Buah, Bener Nggak Sih ? – Buah memang makanan yang kaya akan seratnya! Namun Bagi seseorang yang gemar makan buah mungkin mereka salah kaprah mengenai waktu yang tepat mengonsumsi buah. Hal ini karena banyak informasi yang keliru beredar di dunia maya sehingga salah mengartikan kapan waktu yang tepat mengonsumsinya. Berikut inilah beberapa mitos yang telah diluruskan oleh para ilmuan seperti:

Mitos #1: Konsumsi Buah Harus pada Saat Perut Kosong

Mitos yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat. Dari mitos yang beredar ini banyak yang mengtakan bahwa mengonsumsi buah bersama hidangan lainnya dapat membuat percernaan terhambat dan membuat makanan membusuk di perut. Konon katanya, ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman, timbulnya gas, dan berbagai gejala lainnya.

Kandungan serat pada buah memang bisa memperlambat proses pencernaan, namun tidak akan membuat makanan sampai membusuk dalam perut. Jadi mitos yang diperbincangkan di atas tidaklah benar. Justru mengonsumsi buah yang dikombinasikan dengan makanan lain dapat membuat anda lebih kenyang serta bisa memangkas kalori.

Mitos #2: Konsumsi Buah Sebelum/Sesudah Makan Mengurangi Nutrisinya

Mitos kali ini penjabaran dari mitos sebelumnya. Konon katanya anda harus mengonsumsi buah dalam keadaan perut kosong, hal ini agar seluruh nutrisi bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Jika tidak demikian, nutrisi yang didapat akan berkurang atau menghilang.

Kenyataannya, tubuh manusia telah didesain untuk menyerap nutrisi yang diperoleh lewat makanan dengan efisien. Salah satunya pada bagian usus yang fungsinya menyerap nutrisi makanan sebanyak mungkin.

Mitos #3: Pengidap Diabetes Harus Mengkonsumsi Buah 1-2 Jam Sebelum/Setelah Makan

Mitos tersebut berawal dari anggapan mengenai penderita diabetes yang sering mengalami masalah pada sistem pencernaannya, sehingga jika ingin memperbaiki sistem pencernaan maka anda harus mengonsumsi buah secara terpisah.

Faktanya, tidak ada bukti ilmiah mengenai makan buah 1-2 jam sebelum atau sesudah makan dapat memperbaiki pencernaan. Justru kandungan gula pada buah inilah yang lebih cepat diserap oleh aliran darah. Inilah yang sebenarnya harus dihindari oleh penderita pengidap diabetes.

Untuk itu penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi buah sambil makan atau sebagai kudapan yang dikombinasikan dengan makanan tinggi protein, lemak, dan serat. Makanan yang tinggi protein, lemak, dan serat inilah yang membuat pelepasan makanan ke usus halus menjadi lebih perlahan sehingga gula dapat di serap secara perlahan.

Mitos #4: Waktu Terbaik Konsumsi Buah Adalah Sore Hari

Mitos selanjutnya beranggapan bahwa saat siang hari metabolisme tubuh kita akan melambat, sementara itu mengonsumsi buah yang tinggi kadar gulanya dapat meningkatkan kadar gula darah dan membangun sistem pencernaan.

Kenyataannya, kandungan karbohidrat pada makanan dapat meningkatkan kadar gula darah selama glukosanya diserap. Tak perlu membangunkan sistem pencernaan karena pencernaan akan selalu siap untuk bekerja begitu anda mengonsumsi makanan. Maka dari itu anda tetap bisa menikmati buah kapan saja.

Mitos #5: Tidak Boleh Makan Buah Setelah Jam 2 Siang

Mitos yang satu ini bertolak belakang pada mitos sebelumnya. Mitos ini menyatakan bahwa mengonsumsi buah setelah jam 2 siang dapat meningkatkan kadar gula darah yang tidak dapat distabilkan oleh tubuh sebelum tidur dan membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Kenyataannya, tidak terdapat bukti secara ilmiah mengenai hal ini. Padahal tubuh anda tidak tentu memasukan mode menyimpan lemak saat tidur, memang tetap membakar kalori namun laju metabolisme tubuh akan menurun.

Selain tidak terdapat bukti yang akurat mengenai waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah setelah jam 2 siang yang berhubungan dengan kenaikan berat badan. Banyak bukti ilmiah yang malah harus memperbanyak makan buah dan sayur sepanjang harinya agar memperoleh tubuh yang ideal dan jarang mengalami kenaikan berat badan.

Sampel Letter Selain : 5 Mitos Diet Tentang Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Buah, Bener Nggak Sih ?